YAYASAN TARAKANITA PUSAT

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

TARAKANITA DEVELOPMENT CENTER

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

 YAYASAN TARAKANITA PUSAT

Unit

YAYASAN TARAKANITA PUSAT

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

TARAKANITA DEVELOPMENT CENTER

Jl. Salemba Tengah No. 23 Paseban Senen Jakarta Pusat - DKI Jakarta, Indonesia Telepon: +62 21 3908836

 

ARTIKEL

    How to Manage Your Time

    Manajemen waktu adalah tindakan atau proses perencanaan dan upaya kontrol/monitoring atas kuantitas waktu yang digunakan untuk kegiatan tertentu, sehingga berdampak pada peningkatan efektivitas, efisiensi dan produktivitas.

    Manajemen waktu mengandaikan adanya keterampilan, peralatan, dan teknik yang digunakan untuk mengelola dan menyelesaikan tugas-tugas, pekerjaan atau proyek tertentu. Unsur-unsur yang terdapat dalam manajemen waktu diantaranya perencanaan , pengalokasian , tujuan , delegasi, analisis waktu yang dihabiskan, pemantauan , pengorganisasian, penjadwalan, dan skala prioritas.

    Awalnya, manajemen waktu melingkupi area pekerjaan yang berorientasi bisnis, namun dalam perkembangannya manajemen waktu juga dapat digunakan untuk keperluan pekerjaan/kegiatan-kegiatan yang sifatnya pribadi. Berikut ini langkah-langkah penting dalam pengelolaan manajemen waktu yang meliputi:

    Prepare yourself first
    Sediakan waktu kurang lebih 30 menit untuk sekedar relaksasi dan juga sarapan. Buatlah kemudian daftar tugas/pekerjaan beserta target yang akan dilakukan dan dicapai. Baik jika hal-hal yang harus dilakukan itu dibuat berdasarkan urutan kualitasnya, bisa dimulai dari yang mudah dan sederhana sampai pada hal-hal yang sifatnya penting dan membutuhkan perhatian lebih.
    Balance your effort
    Mulailah ‘nyicil’ pekerjaan yang ditargetkan selesai di akhir minggu. Tetap fokus dan konsentrasi pada apa yang harus dilakukan dan sedang dikerjakan. Kemudian beralihlah pada pekerjaan-pekerjaan harian yang lainnya.  Setelah seluruh pekerjaan hari ini selesai, berikan tanda sehingga hari esok tahu di mana harus memulai dan melanjutkan. Teruslah berorientasi pada pekerjaan-pekerjaan ke depan, sebab memulai pekerjaan-pekerjaan itu jauh lebih baik ketimbang mengerjakannya sekaligus pada waktu yang mendesak.

    Focus on your most productive time of day
    Fokuslah pada waktu-waktu yang menurut anda paling baik dan produktif, mungkin di pagi hari, siang hari, atau mungkin juga malam hari.

    Manage time in increments
    Aturlah waktu pekerjaan anda, mau per-setengah jam, satu jam, atau lebih. Secara ilmiah, bekerja selama 45 menit idealnya diselingi dengan istirahat 10 menit. Untuk mengaturnya, buatlah target dari sebagian atau keseluruhan pekerjaan anda pada hari tersebut.
    Take a break
    Istirahatlah untuk membersihkan pikiran dan menyegarkan diri agar nantinya dapat fokus kembali pada pekerjaan. Istirahat akan memberikan energi baru sehingga anda dapat memulai pekerjaan kembali dengan baik. Tetaplah konsisten pada waktu kerja dan istirahat yang telah anda susun.
    Keep track of your progress
    Lakukan monitoring berkala untuk mengetahui kemajuan pekerjaan anda. Buatlah penanda pada pekerjaan-pekerjaan yang sudah berhasil diselesaikan. Terselesainya tugas-tugas yang ditargetkan akan memberikan kelegaan dan kepuasan tertentu pada anda.
    Reassess the list
    Melihat kembali pada daftar pekerjaan, buatlah daftar-daftar pekerjaan lain dengan tetap memberikan skala prioritas. Tugas-tugas baru harus ditambahkan setiap hari, pun juga pekerjaan-pekerjaan yang harus didisposisikan. Pemanfaatan alat/media/sarana teknologi akan membantu penyelesaian tugas-tugas itu secara cepat, efisien, dan lebih akurat.

    Leave time for fun
    Berikan waktu yang cukup untuk sekedar berekreasi dan relaksasi. Meskipun beban pekerjaan cukup besar, kita tetap memerlukan waktu bukan hanya untuk pikiran tetapi juga untuk tubuh kita. Tidak harus membutuhkan banyak waktu, karena yang penting adalah pastikan bahwa kita punya waktu untuk itu meski hanya sesaat.
    Sleep for 6-8 hours every night
    Tidur untuk jangka waktu 6-8 jam setiap malam. Jumlah waktu istirahat tidur yang tepat akan membantu kita tetap energik, mampu berpikir jernih, tetap menjaga konsentrasi, dan siap melakukan pekerjaan-pekerjaan dengan target yang tinggi sekalipun.